Latest Movie :

Listrik Prabayar Vs Listrik Pascabayar

Berbicara soal loket pembayaran online, tentu tak bisa lepas dari soal yang satu ini. Ya, tentu saja pembayaran listrik. Kali ini, pembayaran listrik tak uabhnya pembayaran tagihan handphone. Ada yang prabayar ada juga yang pascabayar.
Saat ini PLN gencar melakukan sosialisasi layanan listrik prabayar. Layanan ini juga dikenal dengan sebutan "listrik pintar". Mahalnya pemakaian listrik dan ketidakakuratan meteran listrik adalah beberapa faktor yang membuat tagihan listrik melambung. Atas pertimbangan tersebut, PLN memperkenalkan layanan listrik prabayar yang bisa mengatur sekaligus mengecek pemakaian listrik sendiri.

Seperti diutarakan di atas tadi, cara kerja "listrik pintar" pada dasarnya mirip dengan voucher isi ulang handphone. Pelanggan tinggal membeli pulsa listrik dengan nominal tertentu, masukkan kode token pada meteran, dan setrum listrik pun akan bertambah.
Namun, banyak yang kalangan yang masih enggan menggunakan listrik tipe ini karena satu dan lain hal. Nah salah satunya adalah lebih simpel menggunakan listrik pascabayar ketimbang listrik prabayar.
Salah satu risiko penggunaan layanan listrik prabayar adalah listrik akan mati secara otomatis kala pulsa habis. Itulah sebabnya, Anda harus rajin untuk memantau sisa pulsa yang tercantum di meteran.
Nah inilah alasan utama kenapa listrik prabayar kurang begitu diminati masyarakat. Pasalnya, dengan menggunakan listrik prabayar pelanggan diharuskan untuk melihat apakah pulsa listriknya mencukupi atau tidak.
Kalau tidak tentu menghasrukannya untuk membeli pulsa. Nah, lantas bagaimana kalau pulsa listrik tersebut habis sementara uang dikantong pun menipis. Tentu ini menjadi persoalan tersendiri bagi para pengguna listrik prabayar.
Selain itu, soal ketersediaan penjual token listrik prabayar juga menjadi masalah tersendiri bagi para pelanggannya. Apalagi saat listrik mati juga sulit dibaca kalau pelanggannya tidak teliti melihat meteran listrik prabayar mereka.
kalau sudah begitu, tentu saja akan sangat merepotkan menggunakan listrik prabayar kalau penggunanya kurang perhatian. Pasalnya, dibeberapa daerah penjual token listrik prabayar ini masih sangat sedikit yang buka selama 24 jam.
Untuk itu, sebelum memutuskan menggunakan listrik porabayar lakukan survei tempat penjualan pulsa terdekat dari tempat tinggal Anda, seperti PLN, kantor pos, loket penjualan umum, gerai minimarket, ATM bank yang ditunjuk PLN, dan lain sebagainya.  (ahmad/dbs)

Sumber : http://www.neraca.co.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. baru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger