Latest Movie :

Tips Ampuh Menghemat Biaya Bangun Rumah 2

Menentukan Desain dan Biaya Desain Bangun Rumah

Ukuran (Luasan) Bangun Rumah
desain rumah 150x150 Tips Ampuh Menghemat Biaya Bangun Rumah 2Sebelum menentukan seperti apa rumah yang akan dibuat, sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa ukuran (luas) rumah yang akan dibangun yang disesuaikan dengan ketersediaan dana.
Sebagai contoh, misalkan Anda memiliki dana sebesar Rp. 300 juta yang akan dialokasikan sebagai biaya pembangunan bangunan utama (lihat artikel sebelumnya: Tips Ampuh Menghemat Biaya Bangun Rumah 1). Kemudian Anda cari tahu berapa perkiraan harga / biaya bangun rumah yang umumnya berlaku di kota Anda saat ini. Anda dapat mencoba mencari referensi dari rekan-rekan Anda yang telah membangun rumah sebelumnya atau mencari melalui internet. Sebagai informasi, pada periode pertengahan akhir tahun 2012, rata-rata biaya bangun rumah per meter persegi dengan spesifikasi material standar (kelas menengah) adalah Rp. 2,5 juta/m2, maka akan diperoleh perkiraan luas bangunan yang akan dibuat adalah sebesar Rp.300 juta dibagi Rp. 2,5 juta/m2 = 120 m2. Dengan demikian dengan dana sebesar Rp. 300 juta, Anda dapat membuat bangun rumah seluas 120 m2.
Desain Bangun Rumah
Selanjutnya Anda dapat memperkirakan desain dan gaya bangunan seperti apa yang diinginkan, misalkan gaya minimalis modern, klasik, atau mediteranian. Anda dapat mencari referensi gaya dan desain rumah melalui internet, majalah atau langsung mendiskusikannya dengan arsitek, dan sekaligus cari tahu kelebihan maupun kekurangan dari aneka macam gaya rumah tersebut.
Setelah diperoleh ukuran (luasan) bangun rumah serta desain rumah yang Anda inginkan, selanjutnya anda dapat menghubungi arsitek untuk membuatkan desain rumah yang Anda inginkan. Atau bila perlu anda dapat sekalian menggunakan jasa kontraktor bangun rumah yang umumnya juga menyediakan jasa desain rumah sebagai salah satu layanannya. Salah satu keuntungan menggunakan jasa kontraktor bangun rumah adalah biasanya biaya desain rumah akan digratiskan (free) bila pekerjaan bangun rumah dikerjakan juga oleh kontraktor bangun rumah yang sama.
Untuk biaya desain rumah sendiri (lihat artikel: Menghitung Biaya Bangun Rumah Murah) pada umumnya berkisar antara 2 – 4% dari Rencana Anggaran Biaya (RAB) bangun rumah yang berarti untuk alokasi anggaran sebesar Rp. 300 juta akan diperoleh harga / biaya desain rumah sebesar Rp.6juta – Rp. 8 juta. Selain itu, bisa juga harga desain rumah ditentukan berdasarkan harga per m2 yang pada umumnya bila lokasi berada di Jakarta harganya akan berkisar rata-rata pada Rp. 50 ribu – Rp. 100 ribu/m2, hingga akan didapat biaya desain rumah sebesar Rp. 6 juta – Rp. 12 juta.
Silahkan Anda pilih dari kedua cara perhitungan biaya desain rumah di atas dan sesuaikan dengan keinginan Anda. Sedangkan alokasi biaya desain rumah telah dianggarkan pada alokasi 10% anggaran biaya awal, sehingga tidak mengganggu alokasi untuk biaya bangun rumah lainnya.

Sumber : http://www.bangunrumahelegan.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. baru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger