Latest Movie :

Masa Depan Motor Listrik?

Saat ini sepeda motor listrik mungkin belum akan menggantikan motor-motor yang masih menggunakan bahan bakar minyak, tapi bagaimana di masa-masa yang akan datang? Akankah motor listrik benar-benar akan menggusur motor konvensional yang ada saat ini? Sebelum kita bisa menjawab pertanyaan itu mungkin ada baiknya mengerti sedikit mengenai motor listrik.

[IMG]

Sejatinya sepeda motor listrik adalah kendaraan roda dua yang tidak lagi membutuhkan BBM. Teknologi sepeda motor listrik juga bukan suatu yang baru, bahkan hak paten mengenai teknologi ini sudah terdaftar sejak tahun 1860.Di Indonesia sendiri produsen sudah mencoba menjual skutik dengan tenaga listrik, akan tetapi kurang mendapatkan perhatian dikarenakan momentum yang belum tepat untuk motor listrik.
Apa keunggulan sepeda motor yang bertenagakan listrik

  • Tidak ada polusi suara (kalaupun ada suara mungkin kita bisa pilih suaranya berupa rekaman, X-wing? , Jet?)
  • Bisa dicharge dimana saja ada sumber listrik
  • Tidak perlu bensin
  • Bisa dikendarai dalam ruangan (dikarenakan tidak ada pembakaran,jadi aman dikendarai di ruangan tertutup)
  • Lebih dingin dibanding motor konvensional
  • Terakhir yang paling penting RAMAH LINGKUNGAN

Kelemahannya

  • Membutuhkan waktu lama dalam mencharge ( Bensin 5 menit full kalau gak ngantri)
  • Lebih lambat dibanding motor konvensional yang harganya sama
  • Dikarenakan sunyi, agak berbahaya untuk dikendarai di tempat umum, karena pengendara lain bisa jadi tidak sadar akan keberadaannya.

Electric Bike Is The Future?
Mengetahui kelemahan dan keuntungan motor listrik kita bisa simpulkan motor listrik akan menggantikan motor konvensional secara keseluruhan! Kapan? Ada beberapa faktor yang mendasari saya berpendapat kalau motor listrik akan menggantikan motor yang menggunakan BBM secara keseluruhan.

1.Krisis Minyak Dunia yang kelak akan membuat harga BBM berlipat lipat dari sekarang.
2.Gerakan save our earth yang akan semakin banyak disebabkan semakin rusaknya bumi kita.

Bagaimana kelemahan-kelemahan motor listrik? Seiring berkembangnya teknologi , kelemahan-kelemahan tersebut akan semakin mudah diatasi. Teknologi baterai pun semakin berkembang, dan yang namanya teknologi baru pasti mahal, tapi ujung-ujungnya bakal murah dan terjangkau. Ketika semua ini sudah dipenuhi, inilah moment dimana motor listrik akan benar benar menggusur motor konvensional.

Karena kita bisa menarik kesimpulan kalau perkembangan kendaraan bermotor akan mulai meninggalkan BBM. Kapan? pastinya tidak dalam waktu dekat ini, setidaknya saat ini kendaraan kendaraan hybrid (listrik + BBM) sudah mulai dikembangkan untuk di produksi masal. Mungkin kendaraan hybrid adalah suatu bentuk transisi sebelum suatu saat kendaraan bermotor hanya akan menggunakan listrik sebagai sumber penggeraknya.

[IMG]
Trekko Motor Listrik Yang Banyak di Indonesia
Sumber : http://www.modifmania.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. baru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger