Latest Movie :

Mobil Dengan Teknologi Perintah Suara Tidak Aman!

Mobil Dengan Teknologi Perintah Suara Tidak Aman!
Ilustrasi Teknologi Terbaru Tidak Menjamin Keamanan
Sabtu, 15 Juni 2013 12:15

Otosia.com - Hidup manusia sekarang jadi praktis dan mudah berkat perkembangan teknologi. Begitu juga di bidang otomotif, berbagai alat serba canggih sudah tersedia untuk berbagai mobil dengan tujuan memudahkan pemilik mobil melakukan aktifitasnya.
Salah satunya adalah teknologi perintah suara yang memungkinkan pengemudi menulis sms atau e-mail sambil berkendara. Dengan mengucapkan isi pesan mereka dengan keras alat ini secara otomatis akan menerjemahkan suara pengemudi menjadi teks dan mengirimkannya.
Menurut berita yang dilansir oleh Autoblog, Jum'at (14/06), studi terbaru dari American automobile Association (AAA) menunjukkan bahwa teknologi ini justru menurunkan tingkat kewaspadaan pengemudi.
American Automobile Association
AAA mengembangkan standar yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat kewaspadaan pengemudi saat mengendarai mobil sambil beraktifitas lain. Standar tersebut membagi tingkat bahaya ketidakwaspadaan pengemudi menjadi 3 kategori. Yaitu rendah, sedang dan tinggi.
Penelitian AAA menunjukkan bahwa orang yang menggunakan perintah suara saat mengemudi cenderung lebih ceroboh daripada mereka yang menggunakan telpon genggam. Sehingga aplikasi ini dikategorikan memiliki potensi menyebabkan bahaya tingkat tinggi.
AAA Mental Distraction Rating System
Termasuk gangguan kategori tinggi, aplikasi perintah suara ini memiliki risiko yang lebih besar daripada penggunaan telpon genggam saat berkendara yang termasuk gangguan kategori sedang. Hal ini dikarenakan pengemudi perlu melihat layar dan memencet berbagai tombol saat mengaktifkan aplikasi ini.
Berikut adalah foto-foto yang diambil saat pihak AAA tengah melakukan studi tingkat kewaspadaan pengemudi yang dilakukan di Washington 12 Juni 2013 lalu. (kpl/son/spr)
AAA Research Vehicle
Penelitian AAA
Penggunaan Mobil Genggam Saat Berkendara
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. baru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger