Latest Movie :

Penyulap Sampah Plastik Jadi BBM Harganya Mulai Rp 900 Juta

Jakarta - Teknologi pembuatan bahan bakar minyak (BBM) berbahan baku limbah sampah plastik sudah menjadi buah bibir ditengah masyarakat. Selain sejumlah guru SMK turut mengembangkan, namun teknologi itu bahkan sudah diperjualbelikan secara bebas.

Pantauan detikcom di internet, banyak yang menawarkan perangkat teknologi menyulap sampah plastik menjadi solar ataupun premium itu.

Salah satunya Danan Eko Cahyono, pemilik perusahaan Santoso Rising. Sebagai penjual alat penyulap sampah mengatakan alat tersebut dibanderol mulai Rp 900 juta - Rp 8 miliar.

"Harga Rp 900 juta - Rp 8 miliar dan itu tergantung kebutuhan. Kalau yang 8 kg per jam itu Rp 900 juta, dan kalau yang 200 kg per jam itu harganya Rp 8 miliar," ucap Danan ketika dihubungi detikOto, Kamis (2/5/2013).

Dia mengklaim, teknologi ini sudah diteliti dan diuji coba oleh banyak kalangan tentang manfaat konversi plastik menjadi BBMP.

"Dari Jepang, Akinori Ito sendiri sebagai penemu teknologi ini juga berjuang mengkampanyekannya, di Indonesia sudah popular dan beberapa SMK berhasil mengaplikasikannya dengan teknologi sederhana," paparnya.

Apa beda alatnya dari yang lain? Danan menuturkan dirinya menggunakan teknologi Biomass Furnace ciptaan sendiri untuk memanaskan dan mendestilasi plastik menjadi BBMP. "Hasilnya jauh lebih murah dan lebih efektif untuk skla Industri dan UKM," ujarnya.

Danan menambahkan bensin olahan alat tersebut sangat baik digunakan oleh setiap kendaraan bermotor. Selain itu dia menjelaskan, dengan menggunakan alat tersebut proses perubahan cukup ringkas yakni dengan 30 menit, hasil olahan sudah bisa keluar dari alat tersebut.

"Hasilnya sangat baik untuk semua jenis kendaraan. Dan 30 menit saja sudah keluar hasilnya," imbuhnya.

Peralatan yang dibuat sejak 2003 itu menurutnya membuahkan hasil. Sudah banyak limbah yang diolah dan berubah menjadi BBM solar dan bensin.

Sumber : http://oto.detik.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. baru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger