Latest Movie :

Teknologi Internet, Sejarah dan Perkembangannya

Intenet - Sejarah dan Perkembangannya
Pastinya kata internet sudah tidak asing lagi bagi anda dan kawan kawan lainnya, saat ini anda bisa mengakses halaman ini adalah berkat kecanggihan teknologi yang dulunya hanyalah sebuah mimpi penemunya, ya... Internet saat ini telah menjadi kebutuhan manusia bahkan menjadi salah satu bagian hidup yang sudah tidak bisa terpisahkan lagi bagi banyak kalangan, sebut saja perbankan yang menggunakannya sebagai sarana mengatur perputaran uang nasabah secara online melalui ATM atau internet banking mereka atau bahkan anak didik yang baru duduk di bangku sekolah menengah pun sudahlah pasti membutuhkan jaringan internet untuk menyelesaikan tugas tugas mereka. Kita sering mendengar warnet warnet baik yang berlokasi di kota maupun di pelosok tidak pernah sepi oleh pengunjung yang menggunakanya mulai dari pelajar yang hendak menyelesaikan tugas tugas yang diberikan oleh guru mereka di sekolah atau anak anak muda yang sibuk mengurusi akun media sosial mereka.
Ya... Facebook dan Google adalah salah satu situs yang paling tekenal di seantero dunia masa ini, namun apalah arti mereka tanpa adanya jaringan internet? nah kali ini kita akan mencoba membahas bagaimana asal mula dan perkembangan internet mulai dari penemuan dan penggunaanya pertama kali hingga sampai pada masa kita saat ini.
Berdasarkan catatan sejarah, adalah proyek ARPA / ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) atas gagasan Departemen Pertahanan Amerika tahun pada tahun 1969 yang pertama kali menggunakan teknologi internet di dunia, kala itu mereka memanfaatkan perangkat hardware dan software berbasis UNIX sehingga mampu berkomunikasi jarak jauh untuk tujuan pertahanan khususnya dalam hal penyampaian pesan dari pimpinan komando ke berbagai satuan yang tersebar di berbagai penjuru setelah mereka berhasil merancang sebentuk jaringan berupa TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yakni protokol yang dipergunakan sebagai penghubung antara satu host dan host lainnya dalam satu jaringan.
Dalam perkembangan selanjutnya teknologi jaringan ini tidak hanya dimanfaatkan untuk tujuan militer akan tetapi juga dipergunakan untuk keperluan pendidikan sebagai penghubung antara 4 universitas di amerika kala itu yakni Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah dengan cara membentuk sebuah jaringan terpadu untuk menyampaikan pesan dalam jaringan terhubung.
Tahun 1972 ARPANET diperkenalkan secara umum di Amerika dan dibagi kedalam dua kelompok berdasarkan misi masing masing yakni MILNET yang dikembangkan untuk tujuan militer dan ARPANET untuk keperluan lainnya, pada kelanjutannya gabungan antara keduanya di juluki dengan nama DARPA Internet yang belakangan disebut sebagai "internet" saja.
Pada tahun-tahun setelah itu hingga sekarang teknologi internet tidak pernah absen dari pengembangan dan pelebaran bentuk serta cara pemanpaatannya mulai dari diciptakannya program E-mail oleh Roy Tomlinson ditahun yang sama (1972) dan menjadi terkenal setelah ratu Inggris menggunakannya pada 26 Maret 1976 untuk mengirim pesan dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.
Tahun 1984 ditemukan sistem nama domain yang kemudian dikenal dengan istilah DNS atau Domain Name Server.
Tahun 1988 IRC atau Internet Relay Chat diperkenalkan oleh Jarko Oikarinen yang berasal dari negara Finland.
Tahun 1990 muncul penemuan baru yang menjadi salah satu penemuan yang dikatakan paling berarti bagi perkembangan internet hingga sampai ketangan kita saat ini yakni teknologi World Wide Web (WWW) dimana program ini memungkinkan terciptanya web browser yang dapat dipergunakan untuk mengakses data yang terdapat dalam komputer-komputer yang berada pada satu jaringan internet.
Nah itulah sekelumit sejarah tentang awal mula terbentuknya internet yang kita kenal saat ini, semoga bermanfaat. Dalam tulisan tulisan selanjutnya kita akan mencoba membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan sejarah dan perkembangan teknologi internet temasuk e-mail,nama domain, pembuatan blog atau website serta berbagai teknik menghasilkan uang secara online dengan memanfaatkan teknologi internet yang telah disebutkan, jadi jangan lupa untuk berkunjung kembali di lain waktu atau subscribe melalui feed reader kesayangan anda untuk mendapatkan informasi / topik terbaru dari kami.
 
Sumber : http://adatopik.blogspot.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. baru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger