Latest Movie :

Teknologi "Join Steel & Aluminium" Buat Mobil Honda Lebih Ringan


Carmall.com - Setelah sebelumnya mengenalkan dua terobosan barunya di dunia otomotif, yakni Honda Automobile Oil dan pengecatan mobil menggunakan sistem robotik baru, kini Honda Motor Company kembali berinovasi.

Kamis (21/2), Honda merilis pengembangan teknologi bernama "Join Steel & Aluminium", sebuah perpaduan material baja dan aluminium pada produksi panel pintu luar mobil. Apa dampak dari inovasi ini?

Secara penjelasan sederhana, aplikasi teknologi baru ini akan membuat bobot mobil menjadi lebih ringan, sehingga membuat performa mobil menjadi lebih dinamis dan membuat efisiensi bahan bakar lebih irit.
Sebelumnya, Honda hanya mengandalkan materi dari baja untuk lapisan luar-dalam panel pintu. Kini, lapisan luar panel pintu diganti menjadi alumunium, sedangkan lapisan dalam tetap menggunakan baja. Teknologi ini membuat mobil lebih ringan 17 persen dibanding dengan mobil berbahan material pada umumnya (baca: baja), sehingga performa mobil lebih dinamis dan irit bahan bakar.

Untuk menggabungkan kedua logam yang berbeda tersebut, Honda mengembangkan tiga teknologi baru, yaitu:

1) Teknologi untuk menggabungkan bahan berbeda: penggunaan struktur 'Lock 3D Seam', dimana panel baja dan panel aluminium dilapisi dan digabung secara bersamaan sebanyak dua kali.

2) Teknologi untuk mencegah korosi pada sistem kelistrikan: adopsi dari baja yang sangat kebal terhadap korosi untuk panel bagian dalam dan bentuk baru yang menjamin pengisian secara penuh ruang antara zat perekat.

3) Teknologi untuk mengontrol deformasi termal: adopsi zat-zat perekat modulus dengan tingkat elastisitas yang rendah dan posisi dioptimalkan dari 3D Lock Seam.

Selain efisiensi bahan bakar, keuntungan lain dari teknologi baru ini adalah menghilangkan proses pengelasan yang diperlukan untuk menggabungkan panel pintu baja konvensional. Lantaran tidak membutuhkan proses khusus, teknologi ini mudah diaplikasikan dalam proses produksi.

Honda berniat mengadopsi teknologi ini untuk pertama kali di kawasan Amerika Utara. Generasi pertama yang akan menggunakan "Join Steel & Aluminium" adalah Honda Acura RLX, yang rencananya akan dirilis di Amerika Serikat, pada Maret 2013 mendatang.

Sebelumnya, Honda sempat membuat teknologi semacam ini. Pada akhir 2012 lalu, Honda meluncurkan All New Accord versi Amerika Utara. Kala itu, tunggangan tersebut mengadopsi subframe depan yang menampilkan struktur pencampuran (hybrid) antara baja dan aluminium lewat teknologi Friction Stir Welding (FSW). (Putri)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. baru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger