Latest Movie :

Teknologi terkini yang membawa perubahan pada dunia komputer

Teknologi yang semakin berkembang hingga saat ini memang membuka segala kemungkinan yang pada masa lalu dirasa cukup mustahil untuk dilakukan. Tapi seiring berjalannya waktu, teknologi-teknologi baru mulai ditemukan. Sebagian orang menganggap bahwa teknologi adalah sesuatu yang baru. Namun, ternyata bila kita melihat sejarah perkembangannya, ia sudah berumur cukup panjang dan merupakan gejala kontemporer. Setiap jaman memiliki teknologinya sendiri.
Teknologi dapat dikatakan berkembang secara evolutif, yaitu berkembang menuju pada sesuatu yang lebih baik. Misalnya era kemunculan microchip untuk pertama kali. Pada tahun 1971 merupakan tahun dimana intel menciptakan microprocessor, yaitu intel 4004 16-pin. Processor yang memiliki kapasitas 4-bit dan kecepatan clock 780 KHz ini atau setara dengan 92.000 instruksi per detik digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Lalu coba bandingkan dengan microprocessor saati ini, yang mempunyai ukuran lebih kecil, tapi memiliki kecepatan clock hingga 4 GHz. Perbandingannya mencapai 5000 kali lipat lebih. Ini adalah bukti pencapaian perkembangan yang sangat tinggi di bidang teknologi, khususnya teknologi komputer.
Contoh lainnya adalah penggunaan disket sebagai penyimpanan data portabel yang pernah populer pada jamannya. Namun, seiring bergantinya waktu dengan ditemukannya UFD (USB Flash Drive) atau Flashdisk ini, disket sekarang tidak digunakan lagi.
Beberapa teknologi terdahulu mulai tidak digunakan lagi dan tergantikan oleh teknologi baru. Namun bagaimanapun, teknologi terdahulu tetap memegang peranan penting bagi terciptanya teknologi baru sekarang ini. Berikut ini akan gue share kan beberapa teknologi terkini yang sudah ada ataupun teknologi yang akan muncul dalam waktu dekat yang mungkin akan membawa perubahan besar terhadap perkembangan teknologi di dunia komputer pada masa yang akan datang.
1. 3D Transistor
Setelah puluhan tahun mengembangkan komponen semikonduktornya, intel kini melakukan terobosan baru. Terobosan baru itu adalah processor dengan teknologi 22 nm yang memiliki desain transistor yang secara fundamental berbeda sepenuhnya dari desain sebelumnya, yaitu 3D Transistor.
3D Transistor
Struktur 3D transistor ini berbeda dengan transistor biasa. Pada 3D transistor, planar atau flat gate digantikan dengan three-dimensional gate, dimana ia memiliki kontak area lebih banyak dengan material semi-konduktor. Dengan begitu maka akan banyak arus yang mengalir pada keadaan on. Selain itu pergantian keadaan dari on ke off (switching) menjadi lebih cepat. Hal tersebut tentunya memberi pengaruh yang signifikan terhadap waktu transisi antara on dan off yang lebih cepat. Selain itu, penggunaan inversion layer yang lebih besar akan mengatasi masalah leakage current sehingga akan mengalirkan arus yang lebih banyak dengan tegangan yang lebih rendah.
Kesimpulannya bahwa intel telah melakukan terobosan yang sangat luar biasa karena memberikan dua keuntungan sekaligus, yaitu teknologi switching yang lebih cepat sehingga mengurangi delay time dan penggunaan inversion layer yang dapat mengalirkan arus yang lebih besar dengan tegangan yang lebih rendah. Penggunaan tegangan yang lebih rendah tentu saja akan berdampak pada konsumsi daya yang rendah pula. Rencananya teknologi ini akan di implementasikan pada processor intel Ivy Bridge.
2. Memristor
Sejarah Memristor
Dunia elektronik sebelumnya hanya mengenal tiga tipe komponen dasar, yaitu resistor, kapasitor, dan induktor. Namun, sejak 1971 konsep mengenai tipe komponen keempat diperkenalkan. Komponen keempat ini adalah memristor. Memristor  adalah komponen yang memiliki kemampuan mengukur aliran dari arus listrik. Setelah 37 tahun lebih, HP (Hewlett Packard) mulai mengembangkannya.
Memristor (Memory Resistor)
Memristor (Memory Resistor) merupakan elemen sirkuit pasif dua terminal yang berkaitan dengan muatan dan hubungan flux magnet. Komponen ini dapat mengingat informasi (electricstate) meskipun tanpa adanya catu daya (non-volatile). Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Leon Chua, yaitu seorang ilmuwan di UC Berkeley pada tahun 1971. Namun baru pada tahun 2008 kemarin tim dari lab HP mengumumkan pengembangan switching memristor yang berbasis pada thin film titanium dioxide.
Logikanya memristor bekerja ketika arus listrik mengalir dalam satu arah ke satu device sehingga resistansi meningkat. kemudian bila arus mengalir dari arah yang berlawanan, resistansi menurun. Ketika arus dihentikan, memristor menjaga kondisi terakhir yang terjadi padanya. Ketika arus mengalir kembali maka memristor ini akan melanjutkan keadaan terakhir saat dia aktif. Dengan kata lain memristor ini dapat mengingat jumlah arus terakhir yang melewatinya saat terakhir ia aktif.
Memristor diperkirakan akan memiliki harga yang lebih murah dan kecepatan yang lebih tinggi. Dengan demikian memristor ini bakalan menggantikan Flash memory seperti memory card, USB flash drive, dan solid state drive. HP menargetkan memristor ini akan tersedia pada tahun 2012 dalam rentang tahun 2014 sampai 2016, dan akan segera menggantikan DRAM dan harddisk.
3. USB 3.0 (SuperSpeed USB)
USB 3.0 Logo
USB 3.0 atau biasa disebut sebagai SuperSpeed USB adalah revisi terbaru dari USB 2.0. Sebelum membahas USB 3.0 ada baiknya kita tahu kegunaan USB terlebih dahulu. Kegunaan USB adalah untuk mengkoneksikan antara host komputer dengan pheripheral device seperti, printer, external harddrive, dan external diskdrive.
Saat ini, USB 2.0 masih menjadi standar interface yang diakui dunia secara de facto (dengan hampir 6 juta device yang menggunakan interface ini terjual). Kecepatan USB 2.0 ini mencapai 480 MBps, tetapi secara nyata hanya 320 MBps, sehingga dikatakan masih kurang cepat untuk saat ini. Untuk mengatasi hal tersebut, intel pertama kali mengenalkan SuperSpeed USB pada intel developer forum pada tahun 2007. USB 3.0 versi 1.0 dengan spesifikasi lengkap mulai diperkenalkan pada tahun 2008. 
USB 3.0 Speed
Berikut adalah keunggulan dari USB 3.0 SuperSpeed USB :
  1. Transfer rate bisa mencapai 4,8 GBps atau setara dengan sepuluh kali lipat transfer rate USB 2.0 yang hanya 480 MBps.
  2. Memaksimalkan bus power sehingga mampu mendukung device yang haus akan daya.
  3. Fitur power management baru.
  4. Full-duplex data transfer dan dukungan terhadap tipe transfer baru.
  5. Konektor dan kabel baru untuk mendukung data transfer yang lebih tinggi.
Oke sampai poin ketiga dulu artikel tentang teknologi terbaru yang akan membawa perubahan pada dunia komputer. Poin berikutnya akan gue lanjutkan pada artikel berikutnya, karena kalo satu artikel akan sangat panjang nanti, hehe. Stay tune in icoez.com, dan tunggu artikel berikutnya. See you!!

Sumber : http://www.icoez.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. baru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger